Mitos Ikan dan Gagak Sumber Krabyakan

sumber ngepoh krabyakanSumber Krabyakan, merupakan salah satu sumber mata air yang ada di Kabupaten Malang dan kini menjadi salah satu daya tarik WIsata Malang. Berada di Dusun Ngepoh, Desa Sumberngepoh, Kecamatan Lawang. Lokasi sumber hanya berjarak kurang lebih 50 meter dari area parkiran. Suara gemercik airĀ  yang mengaliri parit dari bebatuan membentang sepanjang puluhan meter dari selatan ke utara.

sumber krabyakan

Suasana asri nan alami khas daerah pegunungan akan anda dapati saat menapakan kaki di sini. Airnya yang jernih, serta dinginnya yang menyejukan walau di bawah terik matahari membuat siapa saja betah berlama – lama menikmati alam Sumber Krabyakan. Sumber Krabyakan begitu disebutnya sumber mata air ini. Karena banyak terdapat mata air, dan lokasinya pun ber pencar – pencar.

Tujuh kolam dengan ukuran skitar 5×2 meter manyambut anda di balik gerbang setinggi 2 meter yang bertuliskan Sumber Krabyakan. Kolam – kolam ini di juluki sebagai Telagawaru dan di fungsikan sebagai pemandian para wisatawan. Pepohonan rindang di sekitar kolam membuat tempat ini semakin nyaman.

Menurut warga sekitar, ada beberapa syarat yang harus dilakukan saat tempat ini dijadikan objek wisata. Syarat tersebut diajukan oleh sesosok putri ikan yang muncul dalam pertapaan sang sesepuh desa Sumberngepoh. Adanya ikan di setiap kolam yang bosa anda jumpai serta dua burung gagak di ujung kolam merupakan permintaan yang di ajukan putri ikan.

Air dari Sumber Krabyakan dipercaya membawa kesembuhan serta digunakan sebagai media untuk mengasah tenaga dalam. Petilasan pertapaan sesepuh desa juga terdapat di area Sumber Krabyakan ini. Selain itu, di dekat petilasan juga terdapat sebuah pohon unik, dimana sebuah pohon tumbuh dua jenis daun yang berbeda (daun klampok dan ipik). Rencananya, Sumber Air krabyakan akan di kembangkan dengan konsep modern tapi tetap alami dengan ditambahkannya fasilitas water-boom serta rafting.

Add Comment