Jalur Ke Bromo dari Malang

Gunung Bromo terletak diantara 4 wilayah di Jawa Timur, ada Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, dan juga Kabupaten Lumajang. Dari beberapa wilayah tersebut terdapat beberapa pintu masuk ke gunung yang terkenal dengan sunrise tersebut. Disini saya akan memberikan informasi jalur menuju Gunung Bromo dari Malang atau Kota Batu, yang memang paling sering digunakan untuk transit wisatawan yang hendak ke Bromo. Berikut jalur-jalur tersebut :

Jalur ke Bromo dari Malang

1. Tumpang Kabupaten Malang

Jalur ini tergolong jalur adventure karena jalan yang tidak rata dan kebanyakan tidak beraspal, sangat diminati para penakluk tantangan dan para pecinta alam, selain jeep/hartop biasanya jalur ini digunakan untuk wisatawan yang menggunakan trail ke Bromo. Untuk menuju Bromo melalui jalur ini jalan yang harus dilewati adalah, dari kota Malang menuju Tumpang Kabupaten Malang disebelah timur Kota Malang, jalur menuju Bandara Abd Saleh tetapi lurus saja. Setibanya di Tumpang dapat berganti jeep dengan biaya kurang lebih Rp. 700rb, dan menggunakan jeep tersebut berturut-turut melewati Gubugklakah – Ngadas – Jemplang – dan Gunung Bromo. Otomatis bonusnya melewati Bukit Teletubies dan Pasir Berbisik sebelum mengunjungi Penanjakan dan Kawah Bromo. Dengan jalur ini dapat juga berwisata di Coban Pelangi, yang merupakan salah satu wisata air terjun di Kabupaten Malang.

2. Nongkojajar Kabupaten Pasuruan

Jalur ini paling sering dilewati wisatawan, karena selain medannya yang relatif mudah dengan jalannya yang beraspal jarak tempuh dari Kota Malang juga tidak terlalu jauh. Tapi Anda tetap harus berhati-hati karena jalan yang dilalui pasti masih berkelok-kelok khas pegunungan, dan pastikan chek kendaraan terlebih dahulu sebelum berangkat. Jalur ini dari Kota Malang menuju arah Surabaya melewati Singosari – Lawang, sebelum Kebun Raya Purwodadi ada belokan ke kanan, masuk saja dan mengikuti jalan tersebut, ketika sudah diwilayah Bromo perjalanan lebih mudah karena banyak petunjuk arah yang membawa Anda ke area parkir Wonokitri. Di Wonokitri tranfer jeep dan berwisata Bromo dengan mengunjungi Penanjakan 1 untuk menikmati Bromo sunrise, Kawah Bromo dan apabila memungkinkan dapat mengunjungi Bukit Savana dan Pasir Berbisik. Biaya sewa jeep di Wonokitri kurang lebih Rp. 500rb untuk 2 spot dan Rp. 650rb untuk tambahan ke Bukit Savana dan Pasir berbisik.

3. Tosari Kabupaten Pasuruan

Jalur yang satu ini hampir mirip dengan jalur melalui Nongkojajar karena sama-sama menuju area parkir Wonokitri, bedanya masuknya melalui Tosari Kabupaten Pasuruan. Dari Kota Malang tetap kearah Surabaya, melalui Singosari РLawang tetapi di Purwodadi tidak belok kanan melainkan lurus saja. Setelah itu melewati Purwodadi -Purwosari dan di pertigaan jika kekanan ke Surabaya lurus saja menuju Kota Pasuruan, melewati Wonorejo-Warungdowo dan belok kanan ke arah Probolinggo. Setelah belok lurus saja sampai Anda menemukan petunjuk arah ke Gunung Bromo, tepatnya diwilayah Rangge Kabupaten Pasuruan. Ikuti petunjuk arah tersebut sampai ke area parkir Wonokitri. Dari Wonokitri menggunakan jeep / hartop dan jalur sama dengan lewat Nongkojajar.

4. Tongas Kabupaten Probolinggo

Jalur ini mempunyai jarak paling jauh dari Kota Malang, lebih sering dikunjungi wisatawan yang berangkat dari Kota Surabaya. Selain itu jalur ini lebih sering dikunjungi wisatawan yang datang untuk bermalam di Bromo, karena di jalur ini paling banyak terdapat hotel dan homestay ataupun villa. Ada juga jalur ini dilalui wisatawan yang datang menggunakan bus, karena bus tidak mungkin dapat naik lebih tinggi dengan medan yang berbelok-belok jadi area parkir Sukapura Probolinggo menjadi area parkir yang paling tepat untuk berwisata Bromo. Jalur ini dari kota Malang ke arah Probolinggo, melalui Singosari – Lawang – Purwodadi – Purwosari – Wonorejo – Kejayan – Warungdowo – Winongan – Grati – Nguling – Tongas dan masuk menuju area parkir Sukapura atau lebih naik lagi di area parkir Cemorolawang. Ada 2 area parkir disini, Sukapura yang lebih sering dpakai untuk Bus Pariwisata karena letaknya yang masih relatif bawah dan Cemorolawang yang letaknya lebih atas lagi dan di kanan kiri jalan banyak terdapat penginapan. Sewa Jeep di area parkir Sukapuran dan Cemorolawang kurang lebih Rp. 550rb untuk 2 spot dan Rp. 750rb untuk tambahan mengunjungi 2 spot lainnya.

Sekian beberapa jalur ke Bromo dari Malang, silakan tentukan pilihan dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hubungi kami CV. Tigadara Transport apabila membutuhkan sewa mobil di Malang untuk mengunjungi Bromo. Untuk jalur Lumajang tidak kami rekomendasikan karena terlalu jauh dari Kota Malang. Semoga membantu rencana perjalanan Anda !!!

Add Comment