Go to Top

Tips Berwisata ke Gunung Bromo

Gunung Bromo memang salah satu objek wisata terkemuka di wilayah Jawa Timur terutama Malang, Kota Batu dan Surabaya. Apabila mengunjungi kota-kota tersebut pasti satu yang paling diingat adalah Gunung Bromo. Bromo merupakan salah satu spot menarik di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, berada di 2.392 diatas permukaan laut gunung ini mempunyai suhu antara 2 sampai 20 derajat celcius. Maka dari itu memerlukan persiapan yang sangat matang dalam merencanakan perjalanan ke gunung yang terkenal dengan Bromo Sunrise nya tersebut. Berikut beberapa tips berwisata ke Gunung Bromo yang mungkin bermanfaat :

1. Pilihlah waktu yang tepat.

Waktu terbaik untuk mengambil perjalanan wisata ke Gunung Bromo adalah pada medio Juni – Oktober. Periode bulan ini adalah musim kemarau di daerah Gunung Bromo. Dengan demikian, Anda dapat melakukan eksplorasi wisata Gunung Bromo secara lebih leluasa, memberi rasa aman dan kenyamanan dalam perjalanan wisata tersebut. Namun, kunjungan wisata Gunung Bromo juga memperlihatkan statistik yang cukup ramai pada periode waktu selain Juni – Okteber.

2. Mematangkan rencana perjalanan.

Pada musim padat pengunjung, Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan penginapan, hotel, atau guesthouse yang ada di sekitar wisata Gunung Bromo. Perencanaan jauh hari akan sangat berguna dalam hal ini. Juga, Anda mungkin akan menjajal beberapa kegiatan wisata gunung di sana, misalnya berkuda atau menaiki mobil jeep. Maka, kesiapan uang tunai dalam jumlah cukup akan mendukung rencana wisata Anda di Gunung Bromo.

paket bromo sunrise

3. Perlengkapan pribadi harus lengkap sesuai kebutuhan

Di puncak Bromo, kondisi udara akan sangat dingin. Anda harus membawa jaket yang efektif menahan hawa dingin. Pada suhu terendah, rasa dinginnya bahkan dapat menusuk tulang. Beberapa lembar kaos tebal mungkin akan Anda sukai untuk membalut tubuh sebagai tambahan jaket penahan dingin tersebut. Juga, pilihan membawa syal, topi, dan sarung tangan akan sangat berguna terutama bagi Anda kaum perempuan. Jangan gunakan sandal, pakailah sepatu saat menaiki Gunung Bromo. Senter dan masker akan berguna saat Anda berada di kawasan puncak Gunung Bromo. Terlebih, jika Anda ingin berkuda atau menaiki jeep di sana.

4. Membawa uang cash secukupnya.

Namannya saja pegunungan, di wilayah ini sulit untuk menemukan mesin atm atau pembayaran melalui debit ataupun kartu kredit. Maka dari itu persiapkan uang cash secukupnya sebelum memasuki wilayah Gunung Bromo. Mending kelebihan daripada kekurangan, jadi sebaik mungkin membawa saku cash lebih dalam melakukan perjalanan ini.

Sekian beberapa tips dari kami sebelum merencanakan perjalanan ke Bromo, saran kami apabila memungkinkan silakan menggunakan jasa perjalanan wisata atau travel untuk perjalanan ini karena meskipun medannya tidak terlalu menyeramkan tetapi cukup menyulitkan apabila baru pertama kali mengunjungi tempat ini. Apabila Anda dari Malang jangan segan-segan menghubungi kami untuk reservasi atau sekedar mencari informasi tentang Gunung Bromo.

Share
, , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan