Go to Top

Wisata Coban Kethak

coban-kethak

coban-kethakPenasaran ingin menikmati air terjun di lembah kera? Temukan nuansa itu hanya di Wisata Coban Kethak yang terletak di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Air terjun di areal hutan lindung BKPH (Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan) Ngantang yang pernah menjadi tempat persembunyian kera ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk menikmati pemandangan air terjun.

Air terjun dari ketinggian 25 meter ini menyuguhkan keindahan panorama alam yang sangat menawan. Deburan air terjun yang membelah tebing ini memecah kesunyian hutan belantara di kawasan ini. Tidak hanya terdengar keras, aliran arus Coban Kethak juga terlihat begitu kencang. Pengunjung yang ingin ke sini pun tidak perlu mengeluarkan keringat untuk mencapai kawasan coban. Jauh berbeda dengan akses menuju coban-coban lain. Meskipun begitu, keindahannya tak kalah dengan coban lain di Malang Raya. Bahkan, banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan Coban Kethak yang indah ini. Perjalanan yang singkat ini juga cukup menyenangkan. Tinggal menyisiri kawasan hutan lindung yang dipenuhi beragam tanaman rimba.

Wisata Coban Kethak belum resmi dibuka. Untuk sementara hanya dipungut Rp.3.000,- untuk biaya parkir. Belum ada tiket resmi yang dikeluarkan oleh pengelola. Dari area parkir yang berada agak menjorok di samping jalan raya, jalan menuju air terjun bisa ditempuh kurang lebih 3 menit. Rutenya memang agak curam, meski sudah ditata dan dikeraskan dengan bebatuan, tetap dibutuhkan kehati-hatian. Berada di bawah pepohonan durian juga terdapat beberapa gazebo untuk beristirahat.

Menurut seorang penjaga Coban Kethak, Zainal Abidin, nantinya oleh pihak pengelola, aliran air yang melalui Coban Kethak akan dibuatkan saluran tersendiri dari sumber air yang bersih. “Kali Lanang saat ini terkadang masih digunakan masyarakat untuk membuang limbah dari ternak. Selain itu ketika di hulu hujan, airnya bisa cukup besar dan terkadang membawa material kayu” katanya. Ditambahkan Zainal, masih banyak hal yang akan ditambah oleh pengelola, seperti akses listrik, perbaikan jalan menuju coban, serta penyempurnaan area parkir. Pembangunan area wisata Coban Kethak ini diprakarsai oleh seorang pengusaha lokal Kasembon yang bekerjasama dengan pihak Perhutani. Seorang penjaga loket lainnya, Rizal juga mengungkapkan hal serupa, “Untuk sementara saat ini belum ada tiket masuk resmi, kami hanya menjaga parkir pengunjung,” ungkapnya. Untuk saat ini Wisata Coban Kethak dibuka dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 WIB.

Share
, , , ,