Go to Top

Petungsewu Wildlife Education Center

p-wec

p-wecPetungsewu Wildlife Education Center (P-WEC, dibaca ‘piwec’) adalah pusat pendidikan informal tentang konservasi alam yang berdiri pada tahun 2003 di Desa Petungsewu, Kabupaten Malang. Di P-WEC yang juga dikenal dengan nama PETUNGSEWU ADVENTURE itu metode pendidikan yang dipakai adalah pendidikan pengalaman (experiential learning). Dalam pelaksanaannya, alam digunakan sebagai media belajar, sebagian besar waktu belajar dihabiskan di luar ruangan (out door).

Di P-WEC, orang belajar tentang pelestarian alam lewat permainan, petualangan dan rekreasi. Dengan ditunjang oleh suasana yang alami, sejuk dengan nuansa pedesaan, diharapkan orang akan lebih nyaman mengikuti program di P-WEC. Program edukasi informal yang ditawarkan P-WEC sangat menarik dan bervariasi. Mulai dari program tentang ekosistem sungai, ekosistem hutan, mengenal serangga, mengenal keragaman satwa liar, pengamatan burung, pohon, pertanian organik, hingga tentang pengelolaan sampah. Program edukasi ini bukan hanya dilaksanakan di dalam kawasan P-WEC, namun juga di hutan dan sungai yang ada di sekitar P-WEC.

Ribuan siswa dan mahasiswa telah memilih untuk melakukan program edukasi di P-WEC. Kenapa mereka memilih P-WEC? Karena kami menyampaikan dan mengajarkan tentang konservasi alam dengan melalui pendekatan petualangan, permainan dan rekreasi, sehingga peserta akan enjoy mengikuti program edukasi ini. Alasan lain adalah, karena P-WEC itu didampingi oleh PROFAUNA, sebuah organisasi yang punya pengalaman tinggi dibidang perlindungan hutan dan satwa liar sejak tahun 1994.

Selain program edukasi tentang konservasi alam, P-WEC juga menawarkan program Outbound dan Adventure. P-WEC mempunyai fasilitas outbound permanent yang berkualitas dan telah terbukti keamanannya. Ratusan organisasi dan perusahaan telah melakukan program outbound dan team work building di P-WEC. Dengan didukung oleh fasilitator yang ramah dan berpengalaman, membuat program outbound di P-WEC semakin nyaman.

Share
, , , ,