Go to Top

Petirtaan Watugede

watugede

Petirtaan WatugedePetirtaan Watugede, tempat wisata ini dulunya adalah tempat pemandian raja dan putri-putri Raja pada zaman kerajaan Singosari (1222-1292). Konon putri Ken Dedes juga pernah mandi di petirtaan ini. Petirtaan ini ditemukan pada tahun 1925 oleh seorang arkeologi Belanda. Letak Petirtaan Watugede di Desa Watugede atau 200 meter sebelah timur stasiun kereta api Singosari, Malang. Bagi pengunjung yang ingin ketempat ini, tidak dikenakan biaya, cukup mengisi buku tamu saja. Lokasinya bisa ditempuh dengan mudah menggunakan mobil maupun sepedah motor.
Tempat petirtaan ini sangatlah indah dan teduh. Terletak di lereng pegunungan dimana tempat ini banyak mata air atau sumber airya, sehingga udaranya masih asri dan sejuk. Air kolam di pemandian kuno ini dari jauh tampak berwarna kehijau-hijauan. Keunikan dari petirtaan ini adalah, keluarnya air jernih dari mulut area, dan mengalir tidak ada hentinya terus-menerus sampai sekarang. Kondisi petirtaan saat ini masih terpelihara dengan baik.
Petirtaan ini diperkirakan dibangun pada abad ke-14 Masehi. Keberadaan pemandian di Watugede yang berdekatan dengan Desa Tamanharjo atau Kebonagung setidaknya menunjukkan keterkaitan di mana keberadaan kolam pemandian itu dahulu kala berada satu kompleks di dalam taman kerajaan. Ini berarti, lokasi istana tidak jauh dari kawasan ini meski sampai saat ini belum diketahui secara pasti letaknya.

Share
, ,