Go to Top

Kuota Wisatawan, Snorkling, dan Keunikan Pantai Tiga Warna Malang

Pantai Tiga Warna mungkin masih asing di telinga wisatawan maupun warga asli Malang raya, karena memang pantai ini baru dibuka untuk umum di pertengahan 2014 yang lalu. Tetapi meskipun baru di buka pantai yang berada di kawasan konservasi Sendang Biru Kabupaten Malang ini sangat banyak dibicarakan di kalangan wisatawan karena keindahannya. Mengapa mempunyai nama Pantai 3 Warna ?Karena di pantai ini mempunyai warna air yang berbeda-beda karena kedalaman air laut. Selain mempunyai tiga warna, pantai ini juga mempunyai keindahan lain berupa terumbu karang yang dapat dinikmati sepuasnya.

Pantai Tiga Warna

Pantai 3 Warna terletak di kawasan konservasi Sendang Biru Kabupaten Malang atau wilayah rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang serta hutan lindung desa Tambakrejo Kabupaten Malang. Untuk mencapai pantai ini, dari kota Malang Anda dapat menggunakan motor atau mobil menuju pantai Clungup Kabupaten Malang dengan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam perjalanan. Setibanya di area pantai Clungup Anda dapat menyewa guide dengan biaya 75rb untuk membantu menuju Pantai Tiga Warna, selain itu diharuskan membayar tiket masuk sebesar 6rb. Uniknya lagi pantai ini mempunyai kuota wisatawan atau pengunjung, dan apabila kuota masih penuh Anda dapat menunggu wisatawan lain di area pusat informasi ini tetapi kuota ini dapat juga didapatkan dengan memesan sebelumnya di pusat informasi ini sebelum Anda datang. Setelah itu dengan didampingi guide Anda dapat melakukan perjalanan dengan melewati beberapa pantai di wilayah ini, pantai tersebut adalah Pantai Clungup, Pantai Savana, Pantai Gatra, Pantai Mini dan Pantai Batu Pecah. Sangat murah bukan, dengan biaya 6rb dan biaya guide 75rb Anda disuguhi banyak keindahan pantai di wilayah ini. Setelah satu setengah jam perjalanan dengan medan yang lumayan berat tiba juga di Pantai 3 Warna, capek dan pegal Anda terobati dengan keindahan pantai ini.

Pantai Tiga Warna juga mempunyai keindahan terumbu karang, oleh karena itu ditempat ini juga disediakan penyewaan alat snorkling, konon wisata snorkling terindah di wilayah kabupaten Malang berada di pantai ini. Dengan biaya sebesar 15rb Anda dapat mendapat sewaan alat snorkling lengkap berupa pelampung, kacamata dan selang pernafasan, sangat murah bukan ?

Snorkling Pantai 3 Warna

Untuk menjaga kelestarian Pantai 3 Warna, Bhakti Alam yang anggotanya mayoritas warga sekitar pantai yaitu pengelola objek wisata ini mempunyai aturan yang cukup ketat dengan mengambil data bawaan Anda memasuki pantai ini, apabila memasuki wilayah ini dengan membawa 3 botol air minum Anda juga diharuskan keluar dari tempat ini dengan membawa tiga botol kosong air minum tadi, apabila tidak mematuhi peraturan ini bisa-bisa Anda harus kembali ke area pantai hanya untuk mencari sisa botol tersebut. Mungkin apabila peraturan ini dipakai oleh pantai-pantai lain di wilayah Kabupaten Malang, maka pantai-pantai tersebut masih terjaga dari sampah dan pastinya lebih menarik untuk dikunjungi.

Share
, , , , , ,

Leave a Reply