Go to Top

Air Terjun Grojogan Sewu

Grojogan_Sewu

Grojogan_SewuAir terjun Grojogan Sewu atau biasa dikenal dengan Coban Sewu, terletak di Dusun Tretes, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang berjarak sekitar 63 km. Air terjun ini berada tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Batu dengan Kediri dan memang letaknya tidak jauh dari Jalan Raya. Hanya sekitar 100 m dari Jalan Raya. Jika dari Kota Malang, posisinya berada di sisi sebelah kiri jalan raya, sekitar 1 km sebelum Jembatan Ngeprih. Bagi pengunjung yang ingin mengunjunginya, sudah ada sarana angkutan umum dari Kota Malang jurusan Kediri berupa bus.

Untuk menuju air terjun ini kita harus berjalan kaki, karena memang akses jalan hanya mungkin untuk pejalan kaki. Melewati pintu masuk yang bertuliskan nama air terjun, berjalan melewati jembatan gantung hasil dari AMD (Abri Masuk Desa), menyusuri jalan setapak di pinggiran sawah yang lumayan terjal dan sampailah ke lokasi. Kondisi Air Terjun Grojogan Sewu sendiri masih begitu asri dan terawat. Keberadaan pepohonan di sekitar air terjun yang masih terjaga turut memberikan kesan teduh dan sejuk. Selain karena keasriannya, Coban Sewu ini juga sering didatangi beberapa orang karena dipercaya khasiatnya untuk penyembuhan, atau untuk sekedar mencari ketenangan spiritual.

Di lokasi air terjun ini telah dibangun Padepokan (Balai) Sapto Pratolo, sarana sanitasi dan fasilitas lainnya. Saat ini air terjun tersebut telah dimanfaatkan oleh penduduk sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) mikro. Semoga upaya pelestarian kawasan objek wisata ini semakin ditingkatkan baik oleh pemerintah setempat maupun warga.

Share
, , ,