Go to Top

Desa Wisata Bunga Sidomulyo

desa bunga

desa bungaSidomulyo adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Desa ini terletak sekitar 8 Km dari pusat Kota Batu. Desa ini terkenal dengan agrowisata bunga atau lebih populer lagi dengan sebutan Desa Bunga. Lebih dari seribu jenis bunga dibudidayakan di desa yang mempunyai tiga dusun yakni Tinjumoyo, Tonggolari dan Sukorembug. Sekitar 50 persen dari bunga budidayanya adalah bunga mawar, sehingga menempatkan desa ini sebagai sentra bunga mawar yang cukup penting di Indonesia. Ada beberapa jenis mawar yang cukup populer di kalangan pencinta bunga, seperti Mawar Holland, mawar Lokal dan mawar Candy. Namun mawar Candy merupakan jenis mawar yang paling dicari jika dibandingkan mawar jenis lain.

Sejak zaman kolonial Belanda, Desa Sidomulyo sudah terkenal oleh kawasan bunga, terutama mawar. Ini disebabkan udaranya yang sejuk. Secara geografis, desa ini terletak di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut dengan suhu sekitar 18-23 °C. Berwisata di kawasan bunga Sidomulyo, Anda akan mengetahui berbagai macam hal, mulai dari cara penanaman bunga, penyiraman, proses bunga mekar, hingga pasar bunga semua ada di sana.

Fasilitas lainnya yang bisa kita temui di Desa Wisata Bunga Sidomulyo, yakni tersedianya etalase bunga untuk mengetahui jenis bunga apa saja yang ada di Sidomoulyo, yang berada di Sub Terminal Agribisnis (STA) yang ada di desa itu. Di STA, sudah tersedia contoh aneka jenis bunga yang ditanami petani bunga. Capek keliling dusun melihat bunga, bisa istirahat di Pasar Bunga yang berhadapan dengan STA. Di pasar itu, ada 13 stan yang menyediakan bunga sebagai etalase raksasa dari kebun bunga.

Selain menyuguhkan hamparan bunga yang beraneka jenis dan warna, Kawasan Wisata Bunga Sidomulyo juga terkenal dengan keindahan Desanya yang diklaim sebagai taman bunga di Kota Wisata Batu. Hal tersebut terlihat dari pemukiman warga yang dipeniuhi dengan berbagai macam jenis bunga dan tanaman hias yang terlihat indah dan tidak seperti sebuah Desa melainkan seperti deretan tanaman bunga yang indah. Bagaimana tertarik untuk mengisi hari libur dengan berwisata sekaligus belajar, silahkan saja Anda datang ke Desa Wisata Bunga Sidomulyo Kota Batu.

Share
, , , ,