Ternyata Ngecharge Ponsel di Dalam Mobil Berbahaya !!!

Penggunaan telepon seluler atau ponsel memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi kebanyakan orang. Semakin sering digunakan, maka akan semakin sering juga diisi ulang dan untuk mempermudah pengisiannya kini telah tersedia banyak aksesoris yang berfungsi agar telepon seluler tetap menyala dan siap sellau untuk digunakan. Aksesoris tersebut di antaranya yaitu powerbank, baterai cadangan, dan charger melalui output lighter untuk di mobil.

Proses pengisian baterai telepon seluler di dalam mobil dengan menggunakan power output yang berasal dari lubang pemantik api (lighter) memang mudah dan praktis dilakukan, tetapi di balik kepraktisannya itu ada risiko jangka panjang yang akan memperpendek masa penggunaan baterai telepon seluler atau gadget lainnya.  Hal ini disebabkan karena tegangan kelistrikan mobil yang kurang stabil, sedangkan untuk putaran mesin yang turun-naik, atau hidup-matinya sistem kelistrikan mobil yang mendistribusikan arus listrik ke AC, audio, dan lampu-lampu. Kondisi seperti ini memungkinkan akan berpengaruh terhadap tegangan output pada pada alternator.

Dampak lain juga bisa terjadi pada baterai ponsel seluler dimana baterai menjadi menggembung dan bisa juga meledak saat pengisian baterai. Sebaiknya hindari pengisian baterai telepon seluler kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan penting. Usahakan menggunakan charnger biasa sebelum beraktivitas menggunakan kendaraan. Namun jika memang terpaksa dan dalam keadaan darurat sebaiknya lakukan antisipasi untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan tersebut. Berikut hal-hal yang sebaiknya diperhatikan saat melakukan pengisian ulang baterai telepon seluler melalui output lighter di dalam mobil :

1. Jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar seperti kertas, busa dan kain.

2. Gunakan baterai dan charger yang berkualitas atau original sesuai dengan standar telepon seluler atau gadget yang digunakan.

3. Hentikan proses pengisian baterai jika telepon seluler maupun charnger menjadi panas.

4. Hindari menelpon atau menerima telpon saat telepon seluler sedang diisi ulang. Jika memang harus diangkat, sebaiknya cabut charnger dari telepon seluler.

5. Jauhkan dari sinar matahari langsung atau sumber panas yang berlebihaan saat menyimpan baterai ponsel.

Berikan Klik di Bintang
[Total: 0 Average: 0]
Share

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Open chat
Bisa Kami Bantu ?