Go to Top

Keindahan Gunung Bromo Bukan Hanya Matahari Terbitnya

Keindahan Gunung Bromo Bukan Hanya Matahari Terbitnya, memang benar jika gunung ini sangat terkenal dengan sunrise nya dan hal tersebut sudah terdengar telinga masyarakat dunia. Tetapi ternyata gunung Bromo juga mempunyai daya tarik lain yang harus diketahui dan dinikmati, dari masyarakatnya hingga tempat menarik lain yang harus dikunjungi ketika berada di gunung ini. Berikut empat daya tarik lain di Bromo selain sunrise atau matahari terbitnya :

Suku TenggerMasyarakat Gunung Bromo.

Untuk penduduk yang bertempat tinggal di wilayah gunung Bromo mayoritas Suku Tengger yang beragama Hindu, masyarakat disini sangat ramah terhadap pengunjung sehingga rasa nyaman dapat dirasakan ketika memasuki gunung ini. Mayoritas suku Tengger sehari-hari bekerja di kebun, dan ketika malam datang mereka sebagian besar bekerja sebagai pengelola ataupun pendukung pariwisata gunung ini, ada yang sebagai penjaga loket, penjual sarung tangan ataupun driver jeep yang setiap harinya mengantar wisatawan untuk berwisata.

Paket Bromo Sunrise dari SurabayaSpot Wisata Bromo

Ketika berwisata di Gunung Bromo, setelah menikmati sunrise Anda akan diajak oleh driver jeep secara berturut-turut mengunjungi Kawah, Pasir Berbisik dan Bukit Savana. Selain itu ketika tiba di area parkir jeep di depan kawah, Anda disuguhi pemandangan yang tidak kalah menarik yaitu Gunung Batok dan Pura Poten yang tepat berada di depan Anda ketika berjalan menuju anak tangga Gunung Bromo. Semua spot tersebut mempunyai kelebihan masing-masing, seperti dijelaskan di website wisatadimalang.com dengan judul artikel spot wisata bromo bag 1 dan spot bromo bag 2.

Sewa Motor Trail MalangJalur Adventure

Jalur adventure ini hanya dapat dilewati oleh motor trail dan jeep atau kendaraan dengan specifikasi standart adventure. Karena medan yang dilalui lumayan berat dengan melewati jalan makadam dan jalan terjal berkelok kelok. Biasanya jalur ini hanya dilewati oleh orang-orang atau tamu yang memang menyukai tantangan, atau datang ke Bromo dengan tujuan berpetualang. Di Malang sendiri banyak tersedia jasa penyewaan jeep atau motor trail sebagai sarana menaklukan tantangan tersebut.

Kasada BromoUpacara Kasada di Bromo

Suku Tengger di Gunung Bromo mempunyai upacara tahunan yang sangat terkenal di kalangan wisatawan namanya Upacara Kasada. Upacara ini terkenal dengan kegiatan membuang hasil tani atau hewan peliharaan ke dalam kawah Bromo sebagai persembahan kepada kepercayaan mereka. Sebenarnya ada beberapa acara menarik diwilayah Bromo yang dilakukan suku Tengger seperti upacara Karo atau Unan-unan tetapi tidak ada yang mengalahkan terkenalnya upacara Kasada, karena banyaknya pengunjung biasanya sampai sulit sekali membedakan antara masyarakat Tengger atau wisatawan.

Kesimpulan

Meskipun Gunung Bromo terkenal dengan matahari terbitnya tetapi ternyata masih ada beberapa daya tarik yang memang harus dicoba dan diketahui. Jika memungkinkan alangkah baiknya wisata Anda di Bromo lebih dari 1 hari agar dapat mencoba segala hal menarik di gunung ini. Ada beberapa paket wisata bromo menarik yang ditawarkan di website ini, sepert Paket Bromo Sunrise atau Paket Tour Bromo dan Rafting di Songa.

Share
, , , , , , ,

Leave a Reply