Go to Top

Desa Wisata Tulungrejo Gagal ke Pentas Nasional

tulungrejo

tulungrejoPupus sudah harapan pemkot batu mengirim delegasi desa wisata ke tingkat nasional. Sebab, bukan peningkatan prestasi yang di raih oleh para pengelola desa wisata Tulungrejo. Akan tetapi, prestasi yang di raih malah jeblok. Lihat saja sekarang pada Desa Wisata Tulungrejo yang terletak di Kecamatan Bumiaji dengan andalan petik apel. Setahun lalu, desa wisata ini menduduki peringkat 2, tapi sekarang malah melorot dalam urutan 13 se-Jawa Timur. Sebagaimana penilaian Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Tri Susilo Mulyanto, kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkot Batu membenarkan jebloknya penilaian Desa Wisata Tulungrejo. Dia lantas menjelaskan, kegagalan itu dikarenakan beberapa sebab. Diantaranya kurang kesadaran pokdarwis (kelompok sadar wisata) dalam mengurus administrasi. Selain itu juga lemahnya manajemen, serta sinergritas dengan masyarakat masih lemah.

Dia lantas menjelaskan, pada tahun lalu Pemkot Batu mengirim lima desa wisata ke tingkat Provinsi. Lima desa itu berasal dari dua kecamatan. Dari Kecamatan Bumiaji ada tiga desa wisata, antara lain Desa Bumiaji, Tulungrejo, dan Gunungsari. Dua desa wisata dari Kecamatan Batu, antara lain desa wisata Sidomulyo dan Sumberejo. Dari kelima desa wisata itu, yang mendapatkan prestasi hanya Desa Wisata Tulungrejo meraih juara kedua. Sedangkan empat desa lainnya gugur.

Share
, , , ,