Go to Top

Pilihan Oli Yang Benar, Mengatasi Mesin Susah Hidup di Pagi Hari

Periksalah berbagai komponen Mobil sebelum mudik bagi para pemudik dengan mengunakan kendaraan pribadi berhati-hatilah karena setiap tahun angka kecelakaan lalu lintas mendekati lebaran semakin tinggi. Seiring waktu mendekati Idul Fitri arus pulang kampung atau mudik perlahan terus meningkat semakin mendekatinya hari Raya Idul Fitri.

Untuk menghindari hal-hal tersebut seperti kecelakaan misalnya para pemudik wajib memeriksakan kendaraan sebelum melakukan perjalanan dan pastika kendaraan anda dalam kondisi prima. Apalagi dalam arus Mudik biasanya perjalanan sangat ramai bukan hanya kendaraan roda empat melainkan kendaraan roda dua dan juga Angkutan umum lainnya.

sebagai catatan ada beberapa kompenen mobil yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan Lebaran.

Oli mesin, periksa terlebih dahulu oli mesin apakah masih dalam kondisi yang memungkinkan atau tidak, Level oli yang disarankan aberada pada level garis yang bertanda F (fuel) dan E (empty) jika oli yang dirasa kurang langsung tambahkan dengan oli yang baru. Namun jika perjalanan di kira jauh gantilah oli mesin dengan oli yang baru, Pelumas yang baru akan membuat mesin anda bekerja lebih maksimal dan mobil jauh lebih ringan.

pengereman, Melakukan perjalanan jauh harus sangat diperhatikan untuk sistem pengereman mobil bekerja sangat ekstra keras, Sistem pengereman terdiri dari beberapa kompenen seperti pedal rem, Booster rem, selang rem, master rem, kapiler rem, minyak rem dan cakram rem. Lakukan perawatan pada setiap kompenen itu pastikan semuanya dalam kondisi yang prima. periksa juga level minyak rem nyajika kurang dari batas ketinggian kemungkinan akan terjadi kebocoran pada kamaps rem sudah tipis.

sistem pendingin , karena arus mudik identik dengan perjalanan yang padat maka sistem pendinginan harus berfungsi dengan baikarus mudik yang macet membuat sistem pendinginan jadi berkurang dengan begitu mesin mobil akan cepat sekali panas hingga bisa merusak komponen yang lainnya.

kelistrikan periksakan tegangan aki apakah masih dalam kondisi normal atau tidak, selain aki periksa juga tegangan altenatoratau dinamo ampere.

Data perawatan antisipasi saat melakukan service atau pengecekan pada mobil anda yang akan digunakan dalam berkendara pada saat mudik pastikan keselamatan anda.

Share
, ,